Minggu, 11 Maret 2012

KOMUNIKASI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Sebagai manusia, kita tidak bisa tidak berkomunikasi satu sama lain. Kalau tidak berkomunikasi rasanya sepi dan tidak bergairah. Betul tidak? Ayo, siapa yang tidak ingin berkomunikasi. Tidak ada bukan? Komunikasi merupakan sarana mengungkapkan perasaan, ide, gagasan atau yang lainnya melalui baik langsung ataupun tidak langsung (melalui media). Jadi, komunikasi merupakan kebutuhan dasar atau primer manusia. Komunikasi merupakan sarana interaksi antar manusia yang efektif. Dinyatakan berinteraksi jika mereka yang terlibat masing-masing melakukan aksi dan reaksi. Aksi dan reaksi yang dilakukan oleh manusia disebut tindakan komunikasi. Tindakan komunikasi menyangkut perasaan, pikiran dan perbuatan manusia.


Sejak kita lahir dan selama hidupnya manusia akan selalu terlibat dalam tindakan-tindakan komunikasi. Tindakan komunikasi dapat terjadi dalam berbagai kontekskehidupan manusia, mulai dari yang bersifat individu, kelompok, keluarga, organisasi, dalam konteks publik secara lokal, nasional maupun internasional. Atau bisa saja melalui media massa. Tindakan komunikasi dapat dilakukan secara verbal, non-verbal, langsung dan tidak langsung.


Tindakan komunikasi dinyatakan langsung jika kita berkomunikasi tanpa menggunakan media. Misalnya: dua orang bercakap-cakap, sekelompok orang terlibat dalam diskusi yang seru dll. Tindakan komunikasi dinyatakan tidak langsung jika dilakukan dengan perantara media. Misalnya: seorang menteri menyampaikan selamat idul fitri melalui televisi.


Tindakan komunikasi dinyatakan verbal jika komunikasi menggunakan kata-kata dan atau tulisan. Contoh: si A berbicara dengan B, si B mengirim surat kepada si A dsb. Tindakan komunikasi dinyatakan non-verbal jika kita menggunakan bahasa tubuh, seperti isyarat (misalnya dengan mengacungkan ibu jari) dsb. Contoh lain: Si B mengangguk-anggukkan kepalanya pada saat mendengarkan pembicaraan si A. Nah, mengangguk-anggukkan kepala adalah tindakan komunikasi non-verbal.


Banyak contoh kejadian dalam kehidupan manusia sehari-hari yang dapat dinyatakan sebagai peristiwa komunikasi. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1). seorang bayi menangis i tengah malam. Ia baru behenti menangis setelah disusui oleh ibunya.
2). Seorang pengenara mobil ditilang oleh polisi, karena ia melanggar aturan rambu-rambu lalu lintas.
3). Seorang ibu yang sedang berjalan, berhenti sejenak dan mengamat-amati beberapa buah poster tentang KB dan imunisasi yang terpampang di papan pengumuman di halaman Puskesmas.
4). Seorang bapak duuk di serambi rumahnya sambil membaca surat kabar.
5). Seorang ibu guru mengajar matematika kepada murid-muridnya di dalam kelas.
6). Beberapa orang muda asyik mengobrol sambil minum kopi di sebuah kedai kopi.
7). Seorang pelukis asyik menggambar pemandangan di tepi pantai.
8). Ribuan orang mengunjungi Pameran Produk Ekspor di Arena Jakarta Fair yang menggelarkan berbagai jenis produk buatan Indonesia.
9). Dan masih banyak lagi.


Sumber : http://uripsantoso.wordpress.com/2010/02/14/komunikasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar