Sabtu, 24 September 2011

Bagaimana Proses itu Harus Dilalui???

Untuk menjadi seorang wirausahawan yang andal, diperlukan proses dan waktu yang cukup lama. Nah, bagaimana proses itu harus dilalui???


Ketika kita ingin memulai suatu usaha, pasti kita akan memulainya dari bawah / nol. Tidak ada seorang wirausahawan yang ketika memulai suatu usaha langsung berada diatas, pastilah ia mengalami jatuh bangun / pasang surut dalam menjalankan usahanya. Pengertian wirausahawan yang andal adalah wirausaha yang mempunyai semangat, sikap perilaku, dan kemampuan yang cukup baik untuk dapat memulai, memiliki, dan mengelola perusahaan yang resikonya tidak begitu besar dan kegiatan usahanya masih sederhana.


Memang benar setiap orang pasti menginginkan hidup sukses dan berhasil, baik dalam karier kerja, bidang usaha, maupun hubungan sosial dengan sesama manusia. Tetapi kesuksesan tidak datang dengan begitu mudah dan cepat. Bahkan, kesuksesan bisa saja diawali dengan berbagai kegagalan. Seseorang yang bijak tentu harus mau belajar dari kegagalan yang pernah dialaminya. Proses memperbaiki kegagalan dapat diperoleh melalui membaca buku, bertanya kepada orang lain, atau bahkan melakukan introspeksi diri.


Seorang calon wirausahawan harus mampu dan mau menangkap setiap peluang / kesempatan yang bisa mendatangkan keuntungan baik secara ekonomi maupun sosial. Apabila dia sendiri tidak mampu menangkap peluang, maka kesempatan untuk meningkatkan kualitas hidupnya makin tertutup. Semakin dia mampu menangkap peluang, semakin besar kesempatannya untuk memperbaiki taraf kehidupannya.


Setelah seorang wirausahawan bisa menangkap peluang, dia juga harus bisa menghitung secara matang kemungkinan berhasil / gagal dari setiap usaha yang dirintisnya. Perhitungan bisa dilakukan dengan melihat berbagai aspek seperti aspek sosial, ekonomi, dan teknik. Dari aspek sosial, seseorang bisa melihat apakah secara sosial usaha tersebut merugikan orang lain / tidak. Dari aspek ekonomi, perhitungan lebih menekankan pada seberapa besar biaya yang harus dikeluarkan dan berapa besar keuntungan yang akan diraih. Dari aspek teknik, perhitungan lebih menekankan pada perhitungan secara praktis dan bersifat teknis yang memfokuskan pada operasionalisasi usaha yang akan dijalankan.


Seorang wirausahawan juga harus bertekad untuk selalu meningkatkan pengetahuannya terutama menyangkut usaha yang ditekuninya. Pengetahuan yang harus selalu bertambah adalah pengetahuan yang menyangkut kualitas, produk, produk pesaing, harga pasar, dll. Seorang wirausahawan harus senantiasa melihat usaha sebagai suatu proses dan bukan tujuan akhir. Berapapun keuntungan yang diperoleh tidak akan membuatnya berhenti dan puas begitu saja. Dia juga harus selalu memikirkan untuk menghasilkan produk terbaik pada waktu yang akan datang.


Bahkan bila dalam suatu usaha telah berhasil, dia akan melihat kemungkinan adanya peluang dibidang lain. Seorang wirausahawan yang baik tidak akan pernah berhenti berpikir untuk maju dan tidak cepat merasa puas terhadap hasil yang akan dicapainya. Itulah proses yang harus dilalui oleh seorang wirausahawan yang akan menjadi andal dan sukses.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar