Sabtu, 01 Oktober 2011

Apa yang harus dilakukan wirausahawan lokal untuk dapat bersaing dengan perusahaan multinasional dalam era perdagangan bebas??

Seorang wirausahawan lokal harus percaya diri, kreatif dan inovatif. Karena bersaing dengan perusahaan multinasional, maka wirausahawan lokal harus tahu dan mengerti terlebih dahulu apa usaha pesaingnya yang sejenis dan lainnya dan bagaimana caranya produk usahanya dapat laris dipasaran. Wirausahawan juga harus memperhatikan kualitas dari produk yang ia produksi, apakah masyarakat berminat / tidak, apakah harga produk terjangkau / tidak, ia harus memperhatikannya. Contohnya seorang wirausahawan sepatu, ia harus tahu terlebih dahulu bagaimana permintaan masyarakat terhadap sepatu, apakah model sepatu yang sedang tren / mode saat ini, apakah pengusaha sepatu lain juga memproduksi sepatu ini / tidak, berapa harga sepatu yang dijual oleh pengusaha lain dipasaran?? Inilah yang harus dipikirkan seorang wirausahawan sebelum bersaing bebas dengan pengusaha sepatu lain.


Jika pengusaha lain memproduksi sepatu dengan harga murah, maka kita juga harus bisa bersaing dengannya, agar produk sepatu yang kita jual, tidak kalah laku dipasaran. Bisa saja pengusaha sepatu tersebut menjual sepatu dengan harga murah tetapi bahan dan kualitas sepatunya jelek, maka kita harus pandai-pandai melihat kekurangan produk pengusaha lain. Dengan kelemahan produk lain tersebut, maka dapat menjadi kelebihan di usaha kita. kita dapat menjual sepatu dengan kualitas dan bahan yang bagus, tetapi harga tetap murah, sehingga masyarakat tertarik dan lebih memilih membeli produk kita dari pada produk sepatu lain.


Selain itu pemerintah juga punya andil disini. Jika para wirausahawan sudah mengikuti cara diatas, maka masih ada yang menjadi penghalang mereka, yaitu produk-produk impor dari perdagangan bebas yang masuk ke indonesia. Seharusnya para wirausahawan Indonesia yang memanen hasilnya tetapi malah negara lain yang menikmati hasilnya. jika ingin memajukan negara Indonesia, seharusnya pemerintah memajukan dan mendukung para wirausahawan untuk berkarya dan menambah pendapatan negara. China dan Jepang sukses dan maju karena para wirausahawannya. Masa negara kita kalah sama negara mereka.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar