Sabtu, 01 Oktober 2011

Bagaimana seharusnya peran pemerintah dalam mendorong semangat wirausaha???

Seharusnya pemerintah memberikan motivasi dan pelatihan - pelatihan kepada masyarakat yang memiliki bakat menjadi wirausahawan. Karena tidak semua orang memiliki kemauan dan bakat untuk berwirausaha. Cara pemerintah mendorong masyarakat untuk berwirausaha yaitu dengan memberikan dana pinjaman / modal tanpa proses yang sulit, dan berbagai macam persyaratan.


Selain modal berupa uang, pemerintah juga bisa memberikan modal berupa barang - barang, peralatan, dll. Selain itu, pemerintah juga harus peka dan tahu akan keberadaan para wirausahawan di Indonesia. Jangan hanya kerjasama dengan negara lain saja mengenai perdagangan bebas yang menguntungkan pemerintah, tetapi kesejahteraan rakyat malah loyo. Wirausahawan juga seorang pahlawan, karena mereka semua mau membantu pemerintah mengatasi pengangguran, kemiskinan, kriminalitas, dan penambah pendapatan negara.


Seharusnya pemerintah belajar dari pengalaman, mengapa negara-negara maju dapat maju karena wirausahanya, dan kenapa Indonesia tidak bisa begitu? Apa yang menjadi hambatannya??? Sebenarnya saya juga kurang tahu lebih banyak, karena saya masih dalam tahap belajar. Jangankan saya, para pejabatpun yang sudah meraih banyak gelar, tetapi masih belum bisa juga mengatasi hal tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar