Minggu, 01 Januari 2012

Pentingnya Riset Pasar

Riset Pasar adalah sesuatu yang penting dalam bisnis karena dengan riset pasar akan diketahui apa yang dibutuhkan pasar atau masyarakat dan juga mengetahui pesaing-pesaing bisnis yang ada. Dengan mengetahui apa yang dibutuhkan pasar dan pesaing yang ada dapat membuat prodak/service yang sesuai dengan pasar dan dapat membuat prodak/service yang dapat bersaing.

Dari hasil riset pasar dapat juga diketahui siapa yang membutuhkan produk/service kita, dimana produk/service tersebut dibutuhkan dan kapan produk/service tersebut dibutuhkan, dan kualitas produk/sercvice seperti apa yang dibutuhkan.
Selain itu juga dapat diketahui juga besar permintaan nyata dan potensi permintaan, kemudian kapan saat-saat permintaan memuncak, kapan saat-saat menurun. Sehingga kecenderungan - kecenderuangan dan trend pasar dapat diketahui apakah terus menaik atau pada saat tertentu akan menurun.
Prodak/service yang laku adalah bukan prodak/service yang perfek - segala bisa - feature hiper komplit - very full customize tetapi yang laku adalah prodak/service yang disukai dan dibutuhkan oleh pasar atau masyarakat.
Sebagai contoh lagu-lagu Kangen Band lebih laku dipasar dari lagu-lagu Yovie and Nuno, Karna lagu Kangen Band lebih disuka oleh pasar/masyarakat musik Indonesia. Klw di bandingkan dari sisi kualitas musik mungkin Yovie dan Nuno lebih baik.
Misalkan Perusahaan berniat untuk membuat produk software. Yang pertu ditanyakan adalah apakah sebelumnya pernah melakukan /membuat riset pasar telebih dahulu untuk mengetahui potensi dan tingkat kebutuhkan yang terukur, Kemudian membuat strategi pemasaran untuk menjual barang tersebut. Hindarinlah membuat sesuatu yang hanya bermodalkan intuisi doang.
Riset pasar dan strategi pemasaran sangat penting karena sebagai peletakan batu pertama untuk membuat prodak/service yang laku.
Riset Pasar juga berlaku untuk industri-industri software menengah dan kecil, membuat prodak/service kemudian menjualnya secara massal karena penjualan masal berpotensi memberikan keuntungan yang lebih besar.
Pada umum nya industri-industri software menengah dan kecil membuat Software berdasarkan pesanan,
"Memang mau sampe kapan maen projekkan terus-terusan... kadang biaya bikin program sama besar nya dengan bayaran projek, atau ada juga malah yang tekor"
Industri software menengah dan kecil perlu untuk membuat riset pasar dan strategi pemasaran prodak software agar dapat membuat prodak software atau service yang sesuai yang dibutuhkan pasar dan menjual nya secara massal. Jadi jangan jadikan sumber pendapatan utama perusahan base projek karena itu sangat melelahkan.... :)
"Jadilah seorang designer fashion yang membaca kebutuhan fashion masyarakat kemudian membuatnya dan menjualnya. dan tidak selalu menjadi tukang jahit yang membuat pakaian berdasarkan pesanan terus-terusan".


Sumber : http://dendieisme.blogspot.com/2010/02/pentingnya-riset-pasar.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar